Stop!! Jangan Merekam Peristiwa Gerhana Matahari Total ( GMT ) Dengan Kamera HP

Stop!! Jangan Merekam Peristiwa Gerhana Matahari Total ( GMT ) Dengan Kamera HP - Fenomena langka yang bakal terjadi di seputaran Indonesia akan dirasakan besok pagi, biasanya pada peristiwa langka seperti ini banyak orang yang berkeinginan mengabadikannya melalui kamera HP pastinya.

Namun, Merekam peristiwa langka tersebut dengan menggunakan HP akan mengakibatkan Kamera pada HP anda akan rusak.

Stop!! Jangan Merekam Peristiwa Gerhana Matahari Total ( GMT ) Dengana Kamera HP


Yang Pertama, Perlu anda ketahui bahwa bila memotret peristiwa Gerhana Matari Total ( GMT ) memang diperbolehkan, Tetapi tidak disarankan untuk merekamnya. Alasannya adalah Cahaya yang berlebih dari matahari saat Gerhana dapat membakar sensor sensor kamera. Hal ini juga berlaku pada kamera saku dan DSLR yang mempunyai layar LCD viewfinder.

Untuk mendapat contoh yang lebih jelas, Bayangkan anda mengarahkan kaca pembesar ke sebuah plastik hitam dibawah sinar matahari. Tentu saja plastik tersebut akan terbakar.


Stop!! Jangan Merekam Peristiwa Gerhana Matahari Total ( GMT ) Dengana Kamera HP



Hal yang sama juga akan terjadi pada sensor kamera. Karena lensa kamera tidak mengubah kaca pembesar yang memfokuskan cahaya ke sensor sebelum akhirnya cahaya yang ditangkap ditampilkan ke layar LCD Hp.

So, Sensor sangat rawan rusak saat dihadapkan ke Gerhana Matahari yang memancarkan cahaya dalam intensitas tinggi.

Kerusakan sensor ini pada sebagian kamera canggih terbaru hanya bersifat sementara. tetapi untuk kamera jenis lama dan yang minimalis, seperti pada HP, Kerusakkanya bahkan bisa permanen.

Mengapa Untuk Memotret saja Diperbolehkan? 


Stop!! Jangan Merekam Peristiwa Gerhana Matahari Total ( GMT ) Dengana Kamera HP


Disisi lain saat dipakai untuk memotret saja, Shutter kamera cuma akan terbuka sebentar dan menangkap cahaya yang diperlukan. Namun tetapi saat dipakai dalam merekam atau melihat Gerhana Matahari secara langsung. Shutter akan terbuka dalam waktu lama. memungkinkan banyak cahaya untuk masuk dan akhirnya berpotensi merusak sensor kamera.

Alasan yang sama juga dipakai oleh fotografer untuk menghindari memotret langsung menghadap matahari terlalu sering. Bahkan, mengarahkan kamera ke matahari dalam waktu yang lama juga diyakini dapat membakar shutter dan mekanisme bukaan lensa kamera.

Baca Juga Artikel : Buat Kamu Para Anak Rantau,Jangan Terlalu Cepat Pulang Sebelum Membawa Kesuksesan

Lihat juga



Sekian Postingan tentang, Stop!! Jangan Merekam Peristiwa Gerhana Matahari Total ( GMT ) Dengan Kamera HP, Menurut teman- teman bagaimana? ayo sharing komentar teman- teman di bawah ini, dan mudah-mudahan kali ini bisa memberi wawasan dan manfaat pada untuk teman - teman semuanya.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Stop!! Jangan Merekam Peristiwa Gerhana Matahari Total ( GMT ) Dengan Kamera HP dan artikel ini url permalinknya adalah http://sapaanberita.blogspot.com/2016/03/stop-jangan-merekam-peristiwa-gerhana.html Semoga artikel ini sangat bermanfaat, Jangan lupa untuk Share ke teman dekat Anda

Related Posts

Stop!! Jangan Merekam Peristiwa Gerhana Matahari Total ( GMT ) Dengan Kamera HP
4/ 5
Oleh

Berlangganan Via E-mail

Suka Berita/Artikel kami? mari berlanggan lewat Email, saat update Berita/ Posting akan masuk ke email anda.