Krisis Spiritual | SapaanBerita

"Tulislah rencanamu dengan pensil, lalu berikan penghapusnya pada Tuhan. Biarkan Ia menghapus bagian-bagian yang salah, lalu menggantinya dengan rencanaNya yang lebih indah."
- Unknow -
Hampir semua orang sepakat dengan hal ini. Kita meyakini bahwa apapun keputusan Tuhan, apapun yang terjadi pada kita atas kehendakNya, maka itulah yang terbaik. Kita pasti akan menemukan hikmah dan hidup lebih baik jika mampu memahami rencana Tuhan tersebut.

Tetapi, ada juga orang yang merasa bahwa hidupnya sudah sangat berat. Orang-orang ini mulai pasrah dalam makna negatif. Artinya, ia sudah tidak peduli lagi pada apa yang terjadi, karena toh semuanya tidak akan menjadi lebih baik. Orang-orang seperti inilah yang sedang mengalami degradasi spiritualitas. Setidaknya menurut Elizabeth Gilbert, penulis buku fenomenal Eat Pray Love, ada 3 tanda bahwa sisi spiritualitas kita perlu perlu ditingkatkan agar tidak mengalami krisis.

1. Bosan dengan hidup

Image Credit By EShintaP
Bosan adalah perasaan kosong yang diam-diam merenggut kehidupan kita. Bukan hanya bosan pada kondisi spiritual yang tidak berkembang (merasa bahwa doanya sia-sia, tidak membawa manfaat), tetapi juga bosan pada diri sendiri yang tidak menjadi lebih baik, bosan pada pekerjaan yang melelahkan, bosan pada pasangan yang kurang perhatian, bosan pada masalah yang tidak kunjung hilang, dan bahkan bosan pada hal-hal yang sebelumnya pernah kita cintai.

Parahnya lagi, sebagian orang mengira kebosanan adalah hal yang wajar. Padahal bosan menunjukkan hilangnya arah sudut pandang kita pada apa yang benar-benar penting dan menakjubkan dalam hidup ini. Bosan berarti kita tidak menyadari bahwa hidup ini sangat berharga dan harus disyukuri. Bosan berarti kita tidak menghargai apa yang ada di dunia dan apa yang diberikan Tuhan pada kita.

2. Merasa ketakutan

Image Credit By lubissa
Takut berarti tidak percaya, dan ini adalah lawan dari percaya atau iman. Ketakutan adalah pertanda bahwa iman kita mulai luntur, digantikan dengan segala jenis kekhawatiran. Takut bahwa hari tua kita akan tidak bahagia, takut dibenci oleh orang-orang di sekitar kita, takut kesepian, takut tidak diterima, dan bahkan takut berharap.

Ketakutan akan menghambat kita dalam berkreasi, berkomunikasi dengan orang lain, berkomunikasi dengan Tuhan, dan berkembang. Ketakutan membuat kita tidak bisa mengambil inisiatif, takut memutuskan, dan takut pada resiko yang sebenarnya wajar.

Ketakutan ini terjadi karena kurangnya keimanan kita, dan hanya bisa diselesaikan dengan jalan spiritual. Kita harus kembali pada Tuhan. Setidaknya, kita kembali mencoba mengenaliNya dan apa yang sudah Dia berikan selama ini. Betapa semua itu luar biasa. Paling tidak, hal pertama yang harus kita lakukan adalah duduk dan menenangkan diri, lalu bertanya pada diri sendiri, �Apakah yang ditakutkan itu nyata? Atau hanya pikiran kita belaka.�
 
3. Marah

Image Credit By Inke_zhu
Kemarahan sebenarnya merupakan hal yang wajar. Marah dalam hal ini adalah marah pada diri sendiri, marah pada orang-orang sekitar, dan bahkan marah pada Tuhan. Tetapi, justru kemarahan ini merupakan kondisi yang lebih baik daripada kebosanan dan ketakutan, karena di dalam kemarahan kita masih menyimpan passion yang ingin dicapai.

Dengan marah, kita tahu apa yang salah dan apa yang kita inginkan. Kita hanya belum bisa berkomunikasi baik-baik dengan Tuhan, menganggap bahwa diri ini sedang dipermainkan oleh Dia yang memiliki segalanya dan bisa berbuat apapun. Kemarahan perlu diredakan dengan menyadari bahwa setiap rencana Tuhan selalu baik bagi kita.

Ada kalanya dalam hidup ini, kita perlu berhenti dari kesibukan kita barang sejenak saja dan membuka hati kita kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh serta mensyukuri berkat yang diberikanNya, sekecil apapun itu.
 

Lihat juga



Sekian Postingan tentang, Krisis Spiritual | SapaanBerita, Menurut teman- teman bagaimana? ayo sharing komentar teman- teman di bawah ini, dan mudah-mudahan kali ini bisa memberi wawasan dan manfaat pada untuk teman - teman semuanya.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Krisis Spiritual | SapaanBerita dan artikel ini url permalinknya adalah http://sapaanberita.blogspot.com/2016/05/krisis-spiritual-sapaanberita.html Semoga artikel ini sangat bermanfaat, Jangan lupa untuk Share ke teman dekat Anda

Related Posts

Krisis Spiritual | SapaanBerita
4/ 5
Oleh

Berlangganan Via E-mail

Suka Berita/Artikel kami? mari berlanggan lewat Email, saat update Berita/ Posting akan masuk ke email anda.

1 comments:

Tulis comments
avatar
13 Oktober 2018 pukul 02.41

Jangan takut untuk MENCOBA tapi takutlah saat rezeki sudah hilang dari kita..Temukan segala macam kenyamanan, kemudahan dan keamanan chip anda bersama kami situs poker online terpercaya Jagodomino, Coba keberuntungan kamu bermain di Jagodomino, minimal deposit / withdraw Rp 15.000 , Bisa Memainkannya via Android / Iphone / Ipad.

Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
* LIVECHAT Jago188(dot)net
* PIN BBM : 2AF6F43D
* WA : +855717086677
* LINE : Jagodomino

Salam Sukses Jagodomino

Reply